Sabtu, 27 Juni 2009

Pemandian Air panas Tirta Sanita Ciseeng - Parung Bogor.. 26 Maret 2009

Perjalanan kali ini saya didorong oleh cerita kawan tentang adanya air terjun di sebuah lokasi di daerah parung bogor.. maka untuk melepas penasaran saya, maka bermaksud mencoba mengunjungi tempat ini sendiri..

Saat itu hari sabtu 26 maret 2009 menjelang siang hari.. setelah melakukan beberapa pekerjaan rumah.. saya pun beranjak untuk memulai perjalanan saya kali ini..

Setelah mencoba browsing di internet mengenai lokasi ini kemudian coba saya cari di software peta saya. Saya simpan di handphone.. dan langsung saya berangkat..

restoran diatas kolam ikan Perjalanan mulai dari arah depok-jawa barat ke arah sawangan menuju ke Parung bingung.. sebuah lokasi perbatasan antara depok dan bogor juga tangerang.. dari pertigaan parung saya kea rah kiri menuju arah bogor..
setelah bertemu pasar parung dari situ saya bertanya ke tukang ojek ternyata di samping pasar ada jalan masuk ke kanan jalannya dipakai sebagai terminal bayangan di pasar parung tersebut..

kemudian saya berjalan terus sambil terus bertanya orang sekitar yang mereka sudah paham betul lokasi Pemandian Air Panas Tirta Sanita Gunung kapur Ciseeng parung tersebut..

bukit terbuat dari mata air belerang yang sudah mengeras dan tidak aktif lagi. Biasa digunakan sebagai objek foto para wisatawan..Setelah menemukan perempatan besar sebelah kiri ada alfa mart kemudian saya menuju ke arah kanan alam parung.. kira2 2km perjalanan saya bertanya dan saya tinggal belok kanan beberapa meter jalanan sudah terlihat parkiran kendaraan yang luas..

kebetulan saat itu agak mendung.. parkir saya sudah ditarik uang dulu sebesar Rp. 2.000,- kemudian saya masuk gerbang kebagian loket pembayaran karcis masuk.. banyak sekali orang2 tua yang datang berkunjung.. rata2 yang mempunyai keluhan kesehatan kulit.. memang orang sekitar juga mempercayai air belerang disini bisa mengobati berbagai penyakit.. kulit..

Setelah saya membayar karcis masuk seharga Rp. 7.000,- saya kemudian masuk.. diareal tersebut terlihat ada lokasi khusus permainan anak berupa balon raksasa berbentuk rumah.. kemudian lebih dalam lagi terdapat sebuah kolam ikan buatan yang luas.. diatasnya terdapat restoran kecil, penginapan, pemandian Air panas VIP yang buka 24 jam..

kamar mandi VIP diatas kolam, Cukup dengan harga Rp. 10.000,-Bagi yang ingin berhemat ada juga pemandian yang bertarif Rp. 6.000,- yang hanya beroperasi sampai dengan jam 5 sore

Disisi lainnya terdapat pula sebuah bukit alami yang terbentuk oleh belerang dan ada sebuah bukit lagi yang terdapat mata air diatasnya.. sekarang mata air itu tidak boleh dimasuki pengunjung lagi.. tidak tahu apa sebabnya..
Bagi penggemar outbone terdapat pula media outbone diatas kolam ikan yang terhubung dengan bukit sekitarnya.. khusus ini ada pemandunya sendiri untuk menjamin keamanan pengunjung selama melakukan outbone

Tempatnya yang teduh memungkinkan keluarga yang hanya dating untuk sekedar bersantai.. bisa duduk dibawah pohon dan ada penyewaan tikar..
Dilain tempat terdapat pula kolam renang anak2 dengan air belerang dengan air kolam yang berwarna agak keruh.. mungkin karena sifat airnya dan banyaknya anak2 yang bermain dikolam saat itu..

puncak bukit kapur tempat mata air belerangSetelah mengelilingi daerah tersebut.. saya mencoba naik ke atas bukit kapur yang memiliki ketinggian +10-15m dari puncak bukit terlihat sekeliling area tersebut yang masih terdapat banyak lahan kosong ataupun perkebunan2 kecil milik penduduk setempat..

Setelah selesai berkeliling saya pun memutuskan untuk kembali karena melihat cuaca yang sudah mulai kurang bersahabat.. daerah ini banyak sekali petir ketika menjelang hujan didukung oleh areal yang datar..
cukup membuat ciut hati..

segera saya berkemas dan menuju parkiran motor untuk segera pulang..

Mungkin akan sedikit tertarik untuk mencoba berkunjung ke tempat ini untuk refreshing, mandi2 atau sekedar bersantai duduk2 dibawa pohon yang rindang.. semua adalah pilihan anda…..